Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Usaha kuliner ialah salah satu jenis bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Bisnis kuliner adalahsalah satu jenis bisnis yang tidak terdapat matinya. Karena makanan dan minuman ialah kebutuhan pokok utama manusia.

Namun, walaupun demikian bukan berarti masing-masing orang yang membuka usaha kuliner berhasil semuanya. Bahkan terdapat yang tidak bertahan lama dan kesudahannya gulung tikar. Mungkin mereka beranggapan bahwa bila menjual makanan bakal disukai. Ingat, ketika ini bukan kamu saja yang beranggapan untuk mengawali bisnis makanan.

Di era kompetisi yang paling ketat, anda dituntut guna dapat bergerak cepat. Bagi itu untuk Anda pemula di dunia bisnis diinginkan dapat berlomba dan mengekor ritme kompetisi yang tinggi. Berdasarkan hasil riset dan pengembangan usaha kecil menengah (UKM) di sejumlah daerah di Indonesia, rata-rata pendapatan semua pengusaha makanan dan minuman kaki lima dan rumahan sedang di atas rata-rata upah minimum regional (UMR), unik bukan?

Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya anda untuk mempelajari terlebih dahulu apa saja hal yang diperlukan agar fokus ketika membuka bisnis yang sukses.

Memiliki Konsep yang Menarik

Punya modal besar belum tentu bisnis kuliner yang anda buka bisa sukses. Dibutuhkan konsep yang menarik yang bisa menjadi daya tarik bagi para pelanggan. Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian Anda akan mudah menjaring konsumen.

Belajar dari Orang yang Berpengalaman

Tujuannya adalah agar anda bisa mengetahui informasi jelas, bukan hanya teori tapi bisa belajar dari orang yang telah berpengalaman di bidang itu. Apalagi jika anda belajar dari orang yang telah sukses di bidang usaha kuliner.

Pahami Harapan Keluarga Anda

Keluarga merupakan sumber dukungan dan motivasi terdekat Anda. Cobalah Anda katakan harapan Anda dengan membuka usaha kuliner dan tanggapi harapan mereka. Dengan saling memahami, keluarga bukan hanya dapat membantu memberikan dukungan tetapi juga dapat membantu Anda menciptakan peluang dalam usaha Anda.

Kenali dan Pahami Karakter di Lingkungan Anda

Semakin banyak network yang Anda temui dalam lingkungan kuliner akan semakin memacu Anda memiliki inspirasi dan tujuan yang kuat dalam membuka usaha. Salah satu contohnya adalah berkenalan dan bermitra dengan lebih dari satu suplier. Dengan menjalankan hal ini akan menjamin kelangsungan proses usaha kuliner Anda di masa depan.

Identifikasi Produk

Identifikasi produk sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis makananan yang banyak diminati orang. Hal tersebut menjanjikan prospek bisnis jangka panjang Anda. Jangan mudah tergoda untuk melirik usaha makanan yang sedang trend. Memang ketika sedang trend kuliner Anda akan laku keras, tapi jika sudah lewat masa-masa itu Anda bisa mengalami kerugian karena permintaan berkurang. Oleh karenanya, makanan trend sediakan saja sebagai menu pelengkap bukan menu utama.

Standarisasi Resep

Jika ingin membuka usaha khusus-nya di bidang kuliner, cobalah bagikan masakan Anda kepada teman, saudara atau keluarga lalu kemudian mintalah pendapat kepada mereka tentang cita rasa dari masakan Anda. Belajar juga dari resep-resep makan yang ada sambil mencoba untuk memberikan inovasi baru untuk masakkan berikutnya.

Membentuk Tim

Tim adalah orang-orang yang dapat membantu kelancaran bisnis Anda, untuk permulaan Anda bisa meminta tolong bantuan tenaga kepada kerabat atau saudara. Jika keuntungan sudah mencukupi, Anda bisa menyewa jasa dan tenaga orang lain sesuai kebutuhan.

Memasarkan Produk

Strategi pemasaran sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Distribusi merupakan aspek penting di dalamnya. Apabila Anda memiliki modal besar bisa mencoba untuk membuka beberapa outlet sekaligus, tapi jika terbatas fokuskan dulu pada satu outlet. Lokasi juga penting untuk diperhatikan, pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian.

Di samping itu, promosi pun hal yang tak kalah penting, kita perlu guna menyebarkan brosur produk Anda untuk orang banyak. Perkembangan teknologi pun dapat menolong Anda menjual lebih luas produk Anda. Caranya yakni dengan promosi online melewati web dan jejaring sosial, teknik tersebut lumayan ampuh untuk unik minat pelanggan supaya datang ke outlet Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel